Kamis, 27 Maret 2008

MACAM-MACAM APLIKASI DATABASE















Aplikasi database di delphi mempunyai banyak tipe, yaitu:

  • Sistem Tunggal atau Stand-Alone
  • Sistem File-Share atau Sentralisasi
  • Sistem Client-Server
  • Sistem Multi-Tier
Penjelasan diatas adalah sebagai berikut

Sistem Tunggal atau Stand-Alone

Pada arsitektur ini database dan aplikasi database ditempatkan pada mesin(komputer) yang sama. Arsitektur ini adalah arsitektur yang paling sederhana dan dirancang untuk single user. Database yang digunakan adalah database lokal.

Sistem File-Share

Arsitektur iini sama dengan aplikasi database stand-alone kecuali database dapat diakses dari beberapa client yang terhubung dalam jaringan. Jadi aplikasi ditempatkan ditempatkan di masing-masing client untuk untuk mengakses database yang sama yang diletakan di suatu komputer dalam jaringan.
Aplikasi database stand-alone atau file-share termasuk dalam aplikasi single-tiered application, karena aplikasi dan database berbagai file system yang sama.

Sistem Client-Server

Arsitektur ini merupkan dari du komponen utama yaitu client dan server. Apliksi database berada pada mesin client. Sedangkan pada server terdapat remote database sever dan database yang akan diskses. Aplikasi jenis ini juga sering diebut sebagai two-tiered application. Jika applikasi juga ditempatkan di mesin yang sama dengan server yang berisi remote database server, aplikasi ini juga tetap disebut two-tiered application, karena aplikasi dan database server beroperasi pada dua system independen yang berbeda.

Sistem Multi-Tier

Arsitektur ini merupakan perluasan dari sitem client-server. Arsitektur ini terdiri dari remote database server, aplikasi server yang mengakses remote server dan aplikasi client yang mengakses aplikasi server. Jumlah tier dalam aplikasi dapat ditambah sesuai kebutuhan.

Tidak ada komentar: